Skip to main content

KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas

KARAKTERISTIK AGAMA ISLAM[1] Oleh Al-Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Di antara karakteristik yang mengokohkan kelebihan Islam dan membuat umat manusia sangat membutuhkan agama Islam adalah sebagai berikut: 1. Islam datang dari sisi Allah Subhanahu wa Taala dan sesungguhnya Allah lebih mengetahui apa yang menjadi mashlahat (kebaikan) bagi hamba-hamba-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: أَلَا يَعْلَمُ مَنْ خَلَقَ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ “Apakah (pantas) Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui? Dan Dia Mahahalus, Maha Mengetahui.” [Al-Mulk/67: 14] 2. Islam menjelaskan awal kejadian manusia dan akhir kehidupannya, serta tujuan ia diciptakan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُم مِّن نَّفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا “Wahai manusia! Bertakwalah kepada Rabb-...

STRATEGI KEAMANAN DARI BULLY, HOMO DAN KEKERASAN DI PESANTREN

 

STRATEGI KEAMANAN DARI BULLY, HOMO DAN KEKERASAN DI PESANTREN

 

Beberapa strategi BOARDING SCHOOL dari bully, kekerasan, dan homo di area pondok:

1.    Memberikan nasihat dan arahan tentang bahayanya bully, kekerasan, dan homo

2.    Selalu memberikan nasehat secara aktif kepada seluruh santri untuk menyadarkan mereka terkait aturan-aturan Allah dan Rasul-Nya, sehingga mereka merasa sedang menjalankan aturan Allah bukan sekedar aturan pondok, dengan harapan supaya setiap aturan ini tetap berlaku bagi mereka setelah nantinya tidak di pondok lagi.

3.    Menciptakan lingkungan BOARDING SCHOOL yang islami.

4.    Meningkatkan kinerja musyrif dan jumlah musrif di BOARDING SCHOOL

5.    Menempatkan guru-guru dewasa dan telah berkeluarga untuk bertempat tinggal di dalam area pondok.

6.    Menempatkan cctv pada setiap sudut ruangan yang berpotensi berbahaya.

7.    Menjelaskan seluruh aturan-aturan pondok, dan seluruh aturan harus sesuai dengan aturan Islam.

8.    Wewenang ketua kelompok hanya mendisiplinkan dengan dan melaporkan santri yang melanggar, ketua kelompok tidak berhak memberikan hukuman apapun

9.    Pembinaan mental Amr ma'ruf dan Nahi mungkar, dengan cara tetap memberikan hukuman bagi santri yang membiarkan santri lain yang melanggar aturan, sehingga mereka terbiasa melaporkan kawannya yang bersalah setelah tidak mau diingatkan.

10.                       Surat perjanjian untuk siswa yang melakukan pelanggaran berat.

11.                       Surat panggilan orang tua, untuk siswa yang melakukan pelanggaran berat berulang.

12.                       Surat peringatan ( SP ) untuk siswa yang melakukan pelanggaran sangat berat.

13.                       Berani mengelurkan / DO santri yang memang terlalu berat masalahnya tanpa takut kekurangan pemasukan ( SPP).

Comments